Review iMac MK462, iMac Akhir 2015 layar 27 inci dengan Retina Display

Review iMac MK462, iMac Akhir 2015  layar 27 inci dengan Retina Display

Pilih iMac 21 inci atau 27 inci?

iMac adalah produk komputer desktop all-in-one dari Mac yang dibangun dan didesain oleh Apple Inc. Dengan desain total berbeda dari PC desktop windows pada umumnya yang terpisah antara CPU dengan Monitornya, iMac mendobrak tradisi dengan menanamkan CPUnya langsung ke dalam monitornya. Dengan Hanya berupa monitor yang terintegrasi dengan CPU maka bisa didapatkan efisiensi ruang kerja tanpa diribetkan dengan kabel kabel berserakan yang biasa ada sebagai penghubung Monitor dengan CPU pada PC desktop windows.

iMac sendiri memiliki 2 pilihan ukuran layar, yakni 21 inci dan 27 inci dengan retina display. Berdasarkan pengalaman saya browsing di internet,
baik 21 inci maupun 27 inci dengan retina display masing masing mempunyai kekurangan dan kelebihan. Kesimpulan yang saya dapat adalah, jika anda tidak perduli dengan kebutuhan update hardware dan lebih memilih untuk membeli produk baru daripada mengupgrade hardware komputer, maka imac 21 inci cocok untuk anda. Karena imac 21 inci yang walaupun tersedia versi retina display dengan resolusi layar 4K, dijual dengan kondisi as-is, RAM yang tidak dapat ditambahkan dan HD drive yang tidak dapat diganti.

RAMnya Fixed

Apabila memiliki dana lebih, sangat disarankan untuk memilih iMac dengan versi layar lebih besar / 27 inci. Selain layarnya sudah menganut resolusi 5K paling tinggi saat ini untuk ukuran layar, Hardwarenya juga lebih flexible, dengan RAM yang bisa ditambahkan sampai 32 GB dan HD yang bisa diganti dengan SSD. Jadi untuk investasi 2 sampai 3 tahun ke depan, iMac 27 inci jelas merupakan pilihan terbaik.

 

Desain iMac 27 inci dengan Retina Display

Kesan Pertama yang saya dapatkan saat pertama kali membeli iMac adalah ini komputer desktop tercantik yang pernah saya lihat. Hanya berupa Monitor dengan keseluruhan body yang terbuat dari Metal, desain kelas atas, membuat siapapun yang melihat walaupun hanya sekilas saja akan berpikir ini adalah barang exklusif dan mahal. Faktanya, iMac apabila diletakkan di meja kerja yang jelek sekalipun, mejanya akan jadi enak dilihat (seperti meja kerja saya-dari meja sekolah yang dicat ulang).

Dari samping iMac MK462 memilik body yang ramping dan tipis dan menebal pada bagian tengah, jadi kalau dilihat fisiknya itu cembung seperti kaca spion. Dengan penyangga layar yang unik dapat menyembunyikan kabel dibelakangnya sehingga apabila dilihat dari depan tampak bersih dan tampak seperti monitor portabel yang sudah termasuk baterai di dalamnya.

Baca Juga  Beli DJI Osmo Mobile Lalu diReview, Ini Stabilizer Camera Termantap.

Walaupun diciptakan sempurna, semua masih tetap ada kekurangannya. Menurut saya kekurangannya adalah tidak disediakan kemampuan untuk mengatur ketinggian monitor, kita hanya bisa untuk memiringakan monitornya kedepan dan kebelakang saja.

Kualitas Gambar Apple iMac 27 inci dengan 5K Retina Display

Apple memberikan iMac 27 inci Retina Display dengan resolusi tertinggi saat ini 5120×2280 yang menghasilkan produksi warna yang sangat kaya. Ya kalau istilah awamnya sih yang kuning jadi semakin kuning, yang biru jadi semakin biru dan semua warna jadi tampak lebih cerah seperti kita tidak pernah lihat sebelumnya. Bahkan kalau mau memasang gambar anak kucing, anak kucingnya akan menjadi terlihat jauh lebih menggemaskan.

Mungkin itu yang menjadikan para desainer lebih memilih iMac karena lebih kaya warna, dan warna yang dilihat di monitor akan sama dengan warna hasil yang dicetak.

Satu hal lagi, kalau anda berharap iMac ini dapat menjadi monitor kedua dari PC anda yang sudah ada tampaknya anda harus kecewa. Apple tidak menyediakan Target Display pada iMac ini. Teorinya sih Apple bisa saja menambahkan opsi Target Display dengan koneksi Thunderbolt 3 yang sudah ada, ternyata nihil. Mungkin opsi itu akan ada di iMac generasi selanjutnya, tapi kalau generasi selanjutnya hanya upgrade pada kemampuan sebagai Target Display, tentu anda tidak mau membuang uang hanya untuk mengganti iMac lama demi fitur itu.

Performa Apple iMac MK462 27 inci dengan 5K Retina Display

Apple iMac MK462 late 2015 adalah versi paling murah dari jajaran iMac 27 inci yang ada di pasaran. Hadir dengan Prosesor Intel Core i5 3.2 GHz yang sepertinya kalau saya mau jujur sudah ketinggalan jaman dengan Prosesor Intel yang sudah sampai seri i7 saat ini. Dilengkapi dengan RAM 8 GB yang bisa diupgrade sampai 32 GB apabila anda butuh multitasking yang lebih kompleks. Dan VGA type R9 M380 dengan 2 GB memory, yang mungkin hanya cukup untuk memainkan game kelas menengah. Sangat jauh bila dibandingkan dengan apa yang anda dapatkan jika menggunakan PC windows -dengan harga yang sama-, anda bisa dapat Gaming Gear termumpuni saat ini bahkan lengkap dengan aksesoris dan lain sebagainya. Hard disk 1Tb yang didapat belum type Fusion Drive, yang kalau awam membedakan antara HD Drive, Fusion Drive dan SSD adalah HD Drive ibaratnya orang berjalan kaki, Fusion Drive seperti orang naik bus dan SSD seperti orang yang berteleport, jelas terasa bedanya.

Baca Juga  Ternyata Begini Rasanya membeli iMac...

Tapi seperti produk Apple pada seri iPhonenya, entah kenapa saya merasakan jauuh lebih lancar dalam menggunakan iMac bila dibandingkan komputer windows. Kemampuannya mengolah data, buka tutup aplikasi bahkan kemudahannya dalam berinteraksi seperti kopi paste, install dan hapus program tidak pernah saya dapatkan pengalaman seperti itu sebelumnya dengan menggunakan windows. iMac langsung dapat digunakan begitu keluar dari boksnya, tanpa perlu install driver ini dan itu terlebih dahulu.

Bukan berarti saya menjelek jelekkan OS yang lain, semua ada kelebihan dan kekurangan masing masing. Seperti iMac ini yang tidak dedikasikan untuk bermain game -walaupun bisa dipakai gaming-, kalah telak kalau diadu dengan windows dalam hal pengalaman bermain game.

Aksesori Apple iMac MK462 27 inci dengan 5K Retina Display


Dalam Kemasan iMac MK462 terdapat Kabel power, magic keyboard dan magic mouse yang benar benar baru dari desain sebelumnya, ditambahkan pula dengan sebuah kabel lightning, untuk apa??akan kita bahas berikut ini:

Magic Mouse 2

Magic mouse masih tetap tampil seperti seri sebelumnya, masih tetap wireless dengan respon sentuhan di bagian atasnya. Perubahan terbesar adalah dihilangkannya tempat baterai 2xAA diganti dengan baterai tanam yang lebih hemat daya. Daya tahan baterainya bahkan bertahan 1 bulan sejak dikeluarkan dari boksnya pertama kali. Ternyata kabel lightning yang disediakan sebelumnya berfungsi untuk mencharge batre mousenya. Hanya saja karena port lightningnya terdapat di bagian bawah, ya terpaksa saat dicharge, Magic mouse tidak dapat digunakan. Koneksi yang digunakan antara Magic Mouse dengan iMacnya sendiri menggunakan bluetooth versi 4.0 yang hemat daya. Untuk chargingnya sendiri memerlukan waktu ± 4 jam sampai baterainya terisi penuh, jadi lebih baik anda memiliki mouse cadangan untuk bisa tetap menggunakan iMacnya. Scrolling, zoom dan multitasking dapat dilakukan dengan menyapukan ujung jari pada body Magic Mouse, sungguh sangat menyenangkan. Magic Mouse sangat nyaman digunakan, bahkan saya sampai lupa rasanya menggunakan mouse konvensional.

Magic Keyboard

Magic Keyboard yang disertakan dalam paket iMac MK462 Late 2015 ini memiliki desain yang baru, sangat tipis berkat dihilangkannya tempat baterai 2xAA di seri sebelumnya. Ukurannya jauh lebih kecil bila disandingkan dengan keyboard konvensional. Dengan menggunakan batre tanam, untungnya port charging terdapat di depan sehingga dapat dipergunakan sambil charging ketika kehabisan daya. Daya tahan baterainya juga dapat bertahan 1 bulan sejak pertama kali dinyalakan. Koneksi juga menggunakan bluetooth versi 4.0 dan dibutuhkan waktu charging yang sama dengan Magic Mouse.

Baca Juga  Collection Of Mac Shortcuts

Magic Keyboard memiliki respon tekanan yang sangat baik, ukuran tombol yang proporsional membuat nyaman untuk mengetik dalam jangka panjang.

Konektifitas Apple iMac MK462 27 inci dengan 5K Retina Display

iMac MK462 memiliki beragam port yang terdapat pada bagian belakang, antara lain:

  • Port untuk Headphone output
  • SD card Reader
  • 4 Port USB 3.0
  • 2 Port Thunderbolt 2
  • Port Gigabit Ethernet

Karena port yang terletak di belakang, sangat menyulitkan saat kita harus memasang USB flash disk maupun yang lain. Mungkin sengaja diletakkan dibelakang oleh Apple agar tidak merusak estetika dari iMac itu sendiri jika dilihat dari depan. Untuk versi 27 Inci memiliki jendela sebagai media penyimpanan RAM, sehingga dapat ditambahkan secara manual bahkan sampai 64GB. iMac dilengkapi dengan konektifitas wifi 802.11ac dan bluetooth 4.0. yang sudah lebih dari cukup untuk digunakan berselancar di dunia maya.

Kesimpulan Apple iMac MK462 27 inci dengan 5K Retina Display

Walaupun dengan spesifikasi yang kebanyakan orang bilang terlalu overpriced, iMac 27 inci dengan 5K Retina Display adalah sebuah maha karya seni -kalau saya boleh bilang begitu-. Sebuah karya seni tidak dapat ditukar dengan uang, saya rasa cukup sepadan antara uang yang saya keluarkan dengan pengalaman bekerja yang benar benar luar biasa.

Sangat mustahil untuk mendeskripsikan semua yang ada pada iMac, saya sarankan anda ambil satu, anda rasakan pengalamannya sendiri. iMac 27 inci sangat very good value for money. Harga layar saja yang memiliki resolusi 5K harganya sudah diatas 1500 dollar, dengan uang yang sama anda bisa dapat sebuah Monitor 5K buit-in dengan komputer Mac. Kata orang sih setelah pindah ke Mac maka akan lupa dengan windows, ada benarnya juga, itulah yang saya rasakan saat ini.

Apabila ada salah dalam mereview iMac pada artikel ini, maka mohon dimaafkan, berikan saran dan komentar anda pada kolom dibawah. sukses untuk anda.

 

 

 

 

bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.