Prosedur Perpanjangan SIM 2017 di Malang

 Prosedur Perpanjangan SIM 2017 di Malang

Dalam berkendara, selain STNK yang wajib juga dibawa adalah SIM. SIM atau Surat izin Mengemudi juga sebagai pertanda bahwa seseorang layak dalam mengemudikan kendaraan bermotor baik roda 2 maupun roda 4 atau lebih di Jalan Raya. Jika kita berkendara tanpa SIM pasti cepat atau lambat, kita akan berurusan dengan Pak Polisi. Walaupun kenyataan di lapangan, saya yakin jumlah pengendara kendaraan bermotor yang tidak mengantongi SIM jauh lebih banyak dari mereka yang sudah mengantongi SIM. Ada banyak alasan bagi mereka yang tidak mengantongi SIM tapi sudah berlalu lalang di Jalanan, seperti misalnya :

  1. Belum cukup Umur
  2. SIM hilang
  3. SIM habis masa berlakunya, belum sempat diperpanjang
  4. Belum mengurus SIM

Pada Artikel ini saya hanya membahas bagaimana prosedur perpanjangan SIM di kota Malang khususnya, berdasarkan pengalaman saya pribadi. Untuk pengurusan SIM hilang akan dibahas pada artikel yang lain.

Dulu, mendengar kata mengurus SIM entah itu bikin baru ataupun perpanjangan SIM, pasti terbayang dengan rumitnya birokrasi, banyaknya prosedur yang harus dilewati, harus menunggu lama sehingga sangat menyita waktu (sering dalam mengurus SIM kita harus cuti kerja dulu, karena memang memakan waktu seharian). Namun hal itu sudah tidak kita temui saat ini, asalkan kita tahu alur dan prosedur perpanjangan SIM, mulai mendaftar sampai dengan SIM diterbitkan hanya membutuhkan waktu paling lama 1 jam.

Pahami Prosedurnya

Sama seperti saat kita akan pergi ke suatu tujuan, apabila tidak hapal jalannya pastinya perjalanannya akan memakan waktu lama, karena akan lebih sering berhenti untuk bertanya arah kepada orang yang ditemui di jalan. Begitu halnya dengan pengurusan perpanjangan SIM, apabila kita tidak tahu mana yang harus dilakukan terlebih dahulu, maka waktu kita akan terbuang dengan bertanya pada orang lain, itupun kalau orang yang ditanyai tahu, kalau tidak? jadilah kita sebagai kumpulan orang bingung, sudah gitu kita malah ditanyain lagi oleh orang lain yang sama sama bingung, bertambahlah kumpulan orang bingung di Kantor Pelayanan SIM , sudah memenuhi syarat tuh untuk membuat grup whatsap kumpulan orang bingung.

Baca Juga  Pastikan Dokumen Ini Lengkap Saat Membeli Mobil Bekas

Dengan mengetahui prosedur pengurusan perpanjangan SIM, kita akan terarah dan lebih efisien dalam hal waktu dan tenaga.

Perlengkapan yang perlu dibawa.

Tentunya tidak lucu, ketika anda akan mengurus perpanjangan SIM, anda malah tidak membawa SIM itu sendiri. Apabila nekat datang ke Kantor Pelayanan SIM, pasti akan jadi bahan bercanda petugasnya, bisa jadi malah ditanya “Apanya mas yang mau diperpanjang?”, kan gak asik.

Jadi pastikan kita membawa perlengkapan sebagai berikut :

  • SIM itu sendiri, dan pastikan belum habis masa berlakunya, apabila sudah habis masa berlakunya nanti akan diarahkan untuk membuat SIM baru, yang tentunya harus test dan lain sebagainya.
  • Kartu Identitas yang masih berlaku
  • Ballpoin, karena berdasarkan pengalaman saya, yang namanya ballpoin adalah idola di Kantor Pelayanan SIM, menjadi rebutan tidak ubahnya seperti selebritis, ada sih yang menjual tapi harganya menjadi berkali kali lipat, lebih baik persiapkan dari rumah
  • Fotocopy SIM dan Kartu Identitas masing masing 2 lembar
  • Uang tentunya, karena pengurusan perpanjangan SIM memerlukan biaya

Urutan perpanjangan SIM

Tentunya dalam proses perpanjangan SIM kita harus datang ke Kantor Pelayanan SIM , untuk daerah Malang, Kantor Pelayanan SIM Polresta Malang berada di alamat Jalan Dokter Wahidin No.56. Berikut adalah urutan perpanjangan SIM

  • Parkir kendaraan anda ditempat yang aman.
  • Langsung Ambil Nomer Antrian.

Kenapa ambil nomer antrian saya bold? karena Kantor Pengurusan SIM hanya melayani 100 orang saja perharinya. Jadi utamakan ambil nomer antrian terlebih dahulu, ambillah sesuai jenis pelayanan yang anda inginkan. JANGAN LANGSUNG DUDUK DI KURSI TUNGGU, perjalanan anda baru dimulai. yuk lanjut ke urutan berikutnya.

  • Daftar di klinik dokter yang tersedia untuk tes kesehatan.
Baca Juga  5 Tips Mudah Dalam Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Merugi

Letak klinik dokter ini berada di sebelah kanan pintu utama Kantor Pelayanan SIM, berada di gedung terpisah. Masuk saja untuk menyerahkan fotokopi SIM dan Kartu Identitas masing masing 1 lembar ke Petugas jaga, dan duduk untuk menunggu giliran diperiksa. Siapkan Dana sebesar Rp. 20.000,-. Jenis pemeriksaan yang dilakukan hanya tes mata, tinggi dan berat badan, dan tes buta warna, setelah selesai akan diberi sertifikat berupa surat keterangan sehat dari dokter yang bertugas.

  • Daftar premi Asuransi Kecelakaan .

Kita diwajibkan ikut asuransi kecelakaan sebagai syarat pengurusan perpanjangan SIM, letak gedung untuk mendaftar ada di sebelah klinik dokter, siapkan Dana sebesar Rp. 30.000,-

  • Kembali ke halaman depan Kantor Pelayanan SIM untuk menunggu dipanggil nomer antrian, duduklah ditempat yang telah disediakan.
  • Apabila nomer antrian anda sudah dipanggil, segera masuk ke halaman Kantor Pelayanan SIM, Ambil Formulir dan Map yang sudah disiapkan dan carilah tempat duduk agar nyaman dalam pengisian formulir.
  • isi formulir sesuai dengan contoh yang tersedia dan masukkan berkas berkasnya ke Map yang disediakan (Formulir yang telah diisi sesuai contoh, Surat Keterangan Sehat dari dokter, Bukti Pembayaran Premi Asuransi, SIM dan Kartu Identitas beserta fotokopiannya).
  • Langkah berikutnya adalah masuk ke ruangan utama, disitu anda akan disambut loket pendaftaran dan untuk pemeriksaan kelengkapan berkas.
  • Setelah berkas diterima dan dipastikan lengkap, cari tempat duduk untuk menunggu giliran dipanggil oleh bank untuk pembayaran biaya SIM, berikut adalah rincian Biaya Penerbitan SIM berdasarkan website resmi polri.go.id:

biaya sim

sumur: Website Resmi POLRI

  • Setelah Proses Pembayaran diterima, perjalanan anda sudah mencapai 80 %, sekarang saatnya FOTO. Berikan penampilan terbaik anda, meskipun ini bukan foto untuk album alumni sekolah/kampus, tapi toh nanti setelah SIM sudah jadi anda pasti ingin menunjukkannya kepada rekan atau kolega anda, atau bahkan kepada bapak Petugas Polisi di jalan raya.
  • Langkah terakhir adalah menunggu hasil SIM yang baru, dan akan diserahkan tanpa tambahan biaya lagi.
Baca Juga  Prosedur Mutasi Masuk Kendaraan Bermotor di Malang 2017

SELAMAT!! SIM anda sudah jadi, kalau anda mau menghitung total waktu pengurusan SIM sejak awal pendaftaran mungkin hanya membutuhkan waktu ± 1 jam.

Total biaya yang dikeluarkan

Jaman sekarang dimana mana pasti menggunakan sistem UUD, apa itu?? yakni Ujung Ujungnya Duit. Yang kebanyakan ditanyakan pertama kali pasti “habis berapa untuk pengurusan?”,”berapa duit?” dsb, pertanyaan bagaimana caranya itu adalah nomer kesekian. Baiklah langsung kita hitung saja total biaya selama pengurusan tadi, contoh untuk perpanjangan SIM C

  1. Biaya tes kesehatan: Rp. 20.000
  2. Biaya Asuransi: Rp. 30.000
  3. Biaya Penerbitan perpanjangan SIM C Rp. 75.000.

Total biaya yang dikeluarkan adalah sebesar Rp. 125.000, itu masih bisa bertambah dengan biaya parkir dan belum lagi biaya camilan kalau anda suka nyemil.

Selanjutnya??

Dengan SIM yang baru pastinya kita akan lebih Percaya Diri dan tidak khawatir apabila bertemu razia kendaraan bermotor, asalkan persyaratan lain juga lengkap. Sama juga bohong kalau SIM baru tapi STNK tertinggal, SIM dan STNK lengkap tapi tidak pakai helm, SIM, STNK lengkap pakai helm tapi tidak pakai motor, kan aneh??.

Demikian info yang bisa saya berikan mengenai pengurusan perpanjangan SIM di daerah Malang. Untuk daerah lain, mungkin secara garis besar alurnya sama, kan tidak mungkin, begitu datang langsung minta difoto, memangnya anda supermodel, kalaupun iya, anda salah alamat, mestinya datang ke studio foto.

Silahkan berikan komentar anda untuk berbagi berapa biaya pengurusan perpanjangan SIM di daerah anda beserta prosedurnya.

bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.