Pastikan Dokumen Ini Lengkap Saat Membeli Mobil Bekas

Pastikan Dokumen Ini Lengkap Saat Membeli Mobil Bekas

Sudah menemukan mobil bekas idaman anda? Sebelum anda memutuskan untuk membeli dan membawa pulang mobil bekas idaman, alangkah baiknya anda melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap kondisi mobil bekas impian. Pengecekan yang perlu dilakukan mencakup pengecekan interior, eksterior dan sampai pada kelengkapan dokumen yang dimiliki. Pada artikel berikut saya akan membagikan informasi kelengkapan dokumen yang dibutuhkan saat membeli mobil bekas berdasarkan pengalaman saya.

Pastikan dokumen berikut ini lengkap saat membeli mobil bekas

BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)

Menurut wikipedia, BPKB adalah buku yang diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor yang sah. Baca dengan teliti dan pastikan informasi yang terdapat pada BPKB adalah sama dengan kendaraan. Periksa nomer mesin dan nomer rangka sesuai dengan yang tercatat.

Samsat telah menerbitkan BPKB baru per tahun 2009 untuk mengurangi kemungkinan pemalsuan BPKB oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Mengenai perbedaan BPKB lama dengan BPKB baru adalah sebagai berikut:

BPKB Lama (kendaraan tahun 2008 kebawah)

  1. Warna biru tua
  2. Tebal 22 halaman
  3. Nomor BPKB terletak di pojok kanan atas
  4. Menggunakan kode huruf dibelakang nomer BPKB
  5. Tidak ada nomer KTP pemilik kendaraan

BPKB Baru (kendaraan tahun 2009 keatas)

  1. Warna coklat kehijauan
  2. Tebal 10 halaman
  3. Nomor BPKB ada di sisi vertikal sebelah kanan
  4. Tidak ada kode huruf dibelakan nomer BPKB
  5. Menggunakan nomer KTP di halaman utama

Pastikan juga BPKB tersebut asli yang ditandai dengan adanya hologram gambar Polri dan benang hologram di setiap halaman BPKB yang hanya tampak bila disinari dengan cahaya Ultra Violet.

STNK dan Lembar Pajak

Surat Tanda Nomer Kendaraan atau yang biasa disingkat STNK juga masuk sebagai poin penting dokumen yang harus ada saat transaksi membeli mobil bekas. Pastikan data yang terdapat pada STNK adalah sama dengan data yang terdapat di BPKB mulai dari nama pemilik sampai dengan nomer rangka pastikan datanya sama. Perhatikan juga pada lembar pajaknya, apabila sudah dekat dengan waktu jatuh temponya pertimbangkan untuk me nego harganya kembali.

Baca Juga  Prosedur Mutasi Masuk Kendaraan Bermotor di Malang 2017

Faktur

Faktur bisa dibilang sebagai akta kelahiran kendaraan. Faktur berisi keterangan nomer mesin, nomer rangka dan harga penjualan dari pabrik ke dealer dan nama pemilik pertama. Faktur sebagai dasar untuk pembuatan BPKB dan STNK. Faktur diberikan oleh pabrik kendaraan kepada dealer yang nantinya disertakan saat penjualan. Pastikan mobil bekas idaman anda memiliki dokumen ini.

Form A

Form A merupakan surat keterangan untuk kendaraan import yang telah melunasi bea masuk dan pajak. Apabila mobil bekas incaran anda adalah unit CBU, Form A wajib ada. Pastikan semua data sesuadi dengan yang ada di BPKB dan di Kendaraan.

Fotocopy KTP pemilik sesuai dengan di BPKB

Fotocopy KTP diperlukan untuk mencocokkan semua informasi yang ada pada dokumen sebelumnya, mulai dari nama, alamat, nomer KTP dan tanda tangan yang tertera.

Kwitansi Kosong 2 Lembar

Fungsi Kwitansi kosong adalah untuk mempermudah jika anda berencana untuk membalik nama mobil bekas idaman anda. Pastikan anda meminta 2 lembar Kwitansi kosong dengan ketentuan sebagai berikut:

  • 1 lembar kwitansi kosong yang telah dilengkapi materai dan dibubuhi tanda tangan pemilik pertama kendaraan.
  • 1 lembar kwitansi kosong yang hanya dibubuhi tanda tangan pemilik pertama tanpa materai

Dokumen Yang Diperlukan Saat Membeli Mobil Bekas : Kesimpulan

Agar tidak mengalami kesulitan saat proses perpanjangan STNK 5 tahunan maupun pajak tahunan kendaraan pastikan dokumen berikut siap sebelum membayar mobil bekas idaman:

  1. BPKB
  2. STNK
  3. FAKTUR
  4. FORM A (hanya jika CBU)
  5. Fotocopy KTP pemilik pertama
  6. Kwitansi kosong 2 lembar

Setelah semua dokumen lengkap dan data didalamnya sama dan sinkron, silahkan dilanjutkan transaksinya sampai ke pembayaran. Artikel tersebut juga berlaku sebagai informasi dokumen yang diperlukan membeli motor bekas.

 

 

Baca Juga  Begini Prosedur Mutasi Keluar dan Balik Nama Kendaraan Bermotor Jawa Timur 2017

 

 

bagikan:

Add Comment