Kok iMac saya nyetrum?? Begini cara mengatasinya

Kok bisa Nyetrum sih?

Nyetrum pada casing Komputer dulu sering saya alami waktu masih menggunakan PC dekstop, itupun baru nyetrum kalau saya pegang pada bagian belakang CPUnya. Ketika beralih menggunakan Notebook, gejala kesetrum hampir tidak pernah saya temui. Lah entah kenapa begitu menggunakan iMac, kesetrumnya jadi lebih sering, mau pegang depan, samping, pasang flashdisk pun kesetrum, padahal saya pikir sudah cukuplah saya kesetrum pada pandangan pertama sampai meminang iMac, eh ini minta tambah nyetrumnya.
Saya pun langsung browsing untuk mencari solusinya. Yang saya khawatirkan bukanlah kesetrum apabila tidak sengaja menyentuh body iMacnya, akan tetapi bagaimana nasib daleman dari iMac saya, saya takutkan nanti malah bikin cepat rusak.

Ternyata sedikit sekali reverensi bagaimana mengatasi iMac yang nyetrum. Berikut yang bisa saya simpulkan.

iMac 27 inci Late 2015 menggunakan casing yang sepenuhnya terbuat dari metal. Seperti yang kita ketahui bersama, metal termasuk salah satu media penghantar listrik yang baik. Body iMac yang nyetrum apabila disentuh menandakan bahwa Grounding di rumah anda tidak bagus.

Perlukah stabilizer/UPS untuk iMac?

Bagaimana dengan penggunaan Stabilizer tegangan atau UPS untuk iMac? apakah perlu? apakah juga sebagai penyebab iMac nyetrum?

Ketika pertama saya menggunakan Mac, hal tersebut menjadi pertanyaan saya. Apakah saya perlu menggunakan Stabilizer listrik untuk iMac saya?. Ternyata di internet banyak sekali pengalaman yang tidak mengenakkan pada iMacnya karena tidak menggunakan stabilizer listrik. Disebutkan berbagai macam penyakit yang dapat ditimbulkan oleh tegangan tidak stabil terhadap iMac mulai dari Hardisk jebol sampai iMacnya Matot. Tentu saya tidak ingin hal tersebut terjadi pada iMac saya. Karena seperti yang kita ketahui di Indonesia tegangan listriknya sangat tidak stabil, bahkan sering mati lampu tiba tiba. Akhirnya saya ambil kesimpulan bahwa saya perlu memakai UPS agar iMac saya tidak rusak. Ya keluar dana lagi untuk membeli 1 unit UPS seharga 500 ribuan, tidak apa apalah daripada menghemat uang 500 ribu tapi malah kehilangan puluhan juta jika iMac matot. Dan ternyata iMac juga masih tetap nyetrum. Berarti bukan karena UPS penyebab iMac nyetrum.

Solusinya?

Jadi masalahnya karena Grounding? saya belum mau terlalu cepat menyimpulkan, setidaknya saya tahu salah satu penyebabnya. Karena minimnya referensi iMac yang nyetrum, maka saya pikir lebih baik saya coba dulu mengatasi nyetrum yang katanya karena Grounding ini.

Baca Juga  Begini cara mencari alamat ip pada Mac

Solusi pertama yang saya lakukan adalah memberikan jalur ground/arde sendiri langsung pada body iMacnya. Saya menggunakan kabel antena karena memiliki bagian tembaga yang tebal pada bagian tengahnya. Ujung Kabel pertama saya jepitkan pada bagian bawah iMac.

Dan ujung kabel satunya saya lingkarkan ke paku yang menancap di tembok rumah. Setelah saya coba kembali untuk menyalakan iMac, ternyata Alhamdulillah permasalahan iMac nyetrum sudah teratasi.

Kesimpulan

Kalau hanya dengan membuat kabel grounding sendiri permasalahan imac nyetrum sudah bisa teratasi, berarti memang benar penyebab utamanya ada pada grounding rumah yang buruk. Dan selalu gunakan pengaman tegangan listrik untuk peralatan elektronik anda, baik itu trafo ataupun UPS. Jangan hanya karena tidak mau keluar uang sedikit, ujung ujungnya malah nyesel begitu Device kesayangan jebol. Apabila anda mengalami hal yang sama mungkin bisa dicoba solusi yang saya lakukan. Jika belum bisa teratasi bisa dibagikan di kolom komentar untuk kita cari solusinya bersama sama.

 

 

bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.