Iphone SE Review Bahasa Indonesia

Iphone SE Review

Apple merilis iPhone SE sebagai suksesor dari iphone 5S. Tetap menggunakan Layar 4 inci dengan tampilan hampir sepenuhnya serupa dengan iPhone 5S tapi dibekali dengan hardware yang benar benar baru. Hardware iPhone SE adalah hardware yang sama yang digunakan pada model iPhone 6S, termasuk Prosesor, RAM 2GB dan kamera belakang.

Apple tetap merilis iphone dengan ukuran 4 incinya tentunya bukan tanpa alasan. Ditengah gempuran ponsel ponsel dengan layar lebar yang minimal 5 inci keatas, Apple tetap PeDe dalam merilis iPhone SE 4 incinya. Alasannya ternyata generasi iPhone 5S sebelumnya mencatatkan angka penjualan yang tinggi. Ukuran 4 inci dianggap sangat pas dalam penggunaan sehari hari, baik itu digunakan dengan satu tangan maupun dua tangan, dan sangat pas jika dimasukkan ke semua jenis saku, bahkan kedalam saku celana Jeans tanpa khawatir tertekuk. Dan tampilan dari iPhone 5S yang diadopsi sepenuhnya oleh iPhone SE adalah sangat elegan, berbeda dengan kebanyakan hp yang ada di pasaran yang terlalu membulat.

iPhone SE Review Bahasa Indonesia : Desain

iphone SE ini hadir dengan tampilan fisik yang mirip sekali dengan Iphone seri 5 sebelumnya, baik itu iphone 5 maupun iphone 5S karena menggunakan rangka bodi yang sama. Satu satunya hal yang membedakan adalah Logo Apple yang terdapat dibelakang iPhone SE terbuat dari Stainless Steel, itu saja. Bahkan saking miripnya, Apple sampai mengeluarkan Statement resmi, semua case yang muat di iPhone 5/5s akan muat di iPhone SE. Desain iPhone 5S dengan sasis metal yang simpel, kokoh dan sangat elegan dan pas dengan semua ukuran tangan tentunya akan lebih menciptakan kesan mendalam. Tidak Heran iPhone 4 inci tetap memiliki penggemar yang fanatik.

Baca Juga  Beli DJI Osmo Mobile Lalu diReview, Ini Stabilizer Camera Termantap.

iPhone SE Review Bahasa Indonesia : Hardware dan Performa

iPhone SE hadir dalam media penyimpanan16 GB dan 64 Gb. Dengan warna pilihan Space Grey yang lebih Grey dari iPhone 5S, Silver, Gold dan warna baru yang ekslusif hanya untuk iPhone SE dan iPhone 6S yakni ROSE GOLD. Hardware atau mesin yang digunakan oleh iPhone SE ini sama persis dengan yang digunakan oleh iPhone 6S.

yang membedakan adalah :

  1. Pada iPhone SE tidak bisa merasakan sensasi 3d touch, alias mencet layar dengan perasaan, tapi kita sedang membicarakan iphone saat ini, jadi tidak perlu bawa perasaan.
  2. iphone SE touch id masih generasi pertama, sama seperti iphone 5s, sedangkan 6s sudah generasi kedua, bedanya ya generasi lebih baru pasti lebih baik dari sebelumnya.
  3. LTEnya lebih cepat di iphone 6s, tapi mengingat jaringan di sini masih belum menjangkau seluruh area, saya rasa perbedaannya tidak terlalu signifikan, sama sama lte.
  4. kemera depan hanya 1.2 mp dibandingkan 5 mp di iphone 6s.
  5. tentunya layar lebih kecil.

Dengan harga yang lebih murah dari pada iPhone 6 resmi,  kita bisa mendapatkan spek yang jauh lebih gahar daripada iPhone 6.

Kamera sudah mendapatkan upgrade besar besaran dibandingkan seri iPhone sebelumnya yang tetap bertahan di 8MP kamera. iPhone SE memiliki kamera belakang 12 MP, iya 12 MP dengan kemampuan rekam video 4K yang luar biasa jernih.

Dengan spesifikasi yang sama dengan iPhone 6S, hampir tidak ditemui gejala Lag, maupun waiting yang lama ketika membuka suatu aplikasi, Startupnya saja dibawah 20 detik, benar benar cepat.

iPhone SE Review Bahasa Indonesia : Harga dan Kelengkapan

iPhone SE belum keluar versi garansi Resmi di Indonesia. Semua Iphone SE yang beredar di Indonesia adalah garansi Internasional. Harga Iphone SE sangat bervariasi tergantung dari penjualnya. Harga iphone SE berkisar antara Rp 5.800.000 sampai dengan Rp 6.200.000 untuk versi 16 GB dan Rp. 7.700.000 keatas untuk versi 64 GB.

Baca Juga  Begini Cara Masuk DFU Mode untuk iPhone, iPod dan iPad

Harga bisa menjadi semakin mahal apabila penjual berani membantu untuk klaim garansi di luar negeri. Karena Apple Resmi Indonesia belum menyediakan iPhone SE, maka garansi iPhone SE tidak akan berlaku di Indonesia. Saya sarankan lebih baik mahal sedikit tapi nantinya aman apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Apple sepertinya memberlakukan standar yang ketat terhadap produk iPhonenya. Semua iPhone hadir dalam Kelengkapan standar yang sama. Kelengkapan yang didapat saat kita membeli iPhone baru adalah:

  • Sebuah Kabel Lightning.
  • Adaptor A/C 1A
  • Sepasang Earpods
  • Buku Manual
  • Pin untuk membuka Tray Sim Card
  • Stiker Apple

kelengkapan Iphone

iPhone SE Review Bahasa Indonesia : Battery

Saat membicarakan Battery pada iPhone, yang terbayang pertama adalah battery iPhone terkenal boros. Tidak dapat bertahan untuk penggunaan seharian penuh adalah masalah yang dihadapi oleh pemilik iPhone pada seri 5S kebawah. Masalah teratasi dengan munculnya iPhone seri 6, dengan body yang besar otomatis battery yang diusungnya juga besar berujung pada daya tahan battery yang meningkat.

Bagaimana dengan iPhone SE sendiri?. iPhone SE hadir dengan 1.624 mAh, peningkatan dari iPhone 5S yang mengusung battery 1.560 mAh. Hanya upgrade yang tidak signifikan, akan tetapi sangat berbeda pada hasilnya. Untuk satu kali full charge saya dapat menggunakan iPhone SE untuk bermain Game berat (Real Racing 3) selama 5 jam lebih. Jika digunakan untuk browsing saja dapat bertahan selama lebih dari 12 jam penggunaan. Waktu Standby yang dimiliki adalah lebih dari 4 hari untuk satu kali charge.

battery iphone SE

Penggunaan Kamera 4K dapat bertahan lebih dari 40 menit untuk shooting video secara kontinyu. Berhubung iPhone SE saya hanya seri 16 GB, memori penyimpanan lebih dulu habis daripada batterynya. Saya rasa daya tahan Battery sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sehari hari.

Baca Juga  Tips membeli iPhone. Awas Terjebak iPhone Rekondisi

iPhone SE Review Bahasa Indonesia : Kesimpulan

Dengan spesifikasi gahar yang dibalut dalam ukuran yang kompak, iPhone SE sangat layak untuk dijadikan pertimbangan upgrade. Mengesampingkan model 4 inci yang sepertinya memang sudah ketinggalan jaman dibandingkan dengan model 5 inci keatas, tetapi justru disitulah daya tarik keunikannya. Memang kembali kepada selera personal. perlu diingat, desain iPhone 5/5S yang digunakan oleh iPhone SE adalah desain terakhir yang diciptakan oleh Steve Jobs sebelum desain iPhone menjadi membulat yang malah membuatnya mirip merk sebelah.

Perlu diperhatikan juga dalam meminang seri iPhone yang belum keluar resminya seperti Iphone SE, 6S maupun seri 7 diperlukan kehati hatian agar tidak mendapatkan barang yang refurbished. Kan rugi jika sudah membayar mahal ternyata barang yang didapat cepat rusak. Tetaplah membeli barang yang orisinal dari Apple. Untuk tips dan trik agar terhindar dari barang refurbished akan saya bahas disini.

 

bagikan:

Add Comment