Ini nih Gamepad Controller Murah Yang Cocok Untuk Mac

Gamepad Controller Murah Untuk Mac

Dalam bermain game, penggunaan keyboard dan mouse mungkin hanya cocok untuk game game bergenre FPS (First Person Shooter). Pergerakan mouse yang halus dapat membantu untuk membidik musuh dengan cepat. Akan tetapi untuk game bergenre Fighting atau Racing semua orang pasti setuju bahwa penggunaan gamepad controller mutlak diperlukan. Dengan gamepad controller pergerakan kemudi dan atur buka tutup gas atau rem dapat dikendalikan dengan cermat, ditambah lagi getaran getaran feedback ketika mobil keluar jalur tidak akan dapat dirasakan jika menggunakan keyboard. Tentunya dengan  feedback getaran yang diberikan akan menambah keasyikan dalam bermain game racing kesukaan.

Mac Gamepad Controller

Windows memiliki banyak pilihan gamepad controller mulai dari yang murah sampai yang mahal, hal ini karena banyaknya game di windows yang membuat produsen gamepad berlomba lomba untuk mengeluarkan produknya dan tentunya disertai dengan driver agar gamepad controller dapat dikenali dan berfungsi di Windows, Bahkan beberapa gamepad controller dapat langsung plug and play dengan windows.

Karena pengguna Mac yang tidak sebanyak windows tentunya hanya produsen gamepad controller berskala besar yang memproduksi gamepad controller yang dapat dikenali dan berjalan di Mac contohnya Logitech. Hampir semua gamepad produksi Logitech plug and play dengan Mac. Masalahnya adalah harga gamepad controller untuk Mac yang paling murah saja berkisar 300 ribuan (F310).

Lalu gamepad controller apa yang murah dan berfungsi 100 persen untuk Mac?

Pada artikel ini saya akan membagikan pengalaman saya mencoba dua type gamepad controller yang murah dan banyak beredar di pasaran. Kedua Gamepad tersebut sudah saya coba untuk install dan berikut adalah hasilnya :

Baca Juga  Cara Paling Ampuh Jika Lupa Kode Sandi iPhone, iPad dan iPod touch

PS3 Gamepad controller

PS3 gamepad controller adalah gamepad wireless yang menggunakan koneksi bluetooth untuk dapat terhubung dengan komputer. Saya mendapatkan harga PS3 controller hanya 75.000 rupiah. Bayangkan dengan 75.000 kita bisa menggunakan gamepad wireless yang sudah dilengkapi feedback getar.

Ketika saya coba mengkoneksikan dengan iMac saya, PS3 controller ini dapat terbaca dan terhubung dengan iMac. Akan tetapi gamepad ini tidak dapat dikenali oleh iMac saya. Saya coba browsing penyebabnya ternyata PS3 gamepad controller sudah tidak bisa dipakai untuk OS El Capitan ke atas. Berhubung OS X iMac saya sudah yang terbaru yakni Sierra pantas saja PS3 controller ini tidak dapat dipakai. Memang murah sih tapi kalau tidak bisa dipakai juga percuma.

Kesimpulannya :

PS3 gamepad controller hanya dapat digunakan untuk Mac OS X Yosemite dan sebelumnya. tidak dapat digunakan untuk OS X terbaru. Dapat terhubung dan terbaca di iMac OS X Sierra  hanya saja tidak dikenali sehingga tidak dapat digunakan.

XBOX 360 Wired Gamepad Controller

Kenapa saya memilih XBOX 360 controller yang menggunakan kabel? kenapa tidak wireless seperti PS3 controller yang telah diuji sebelumnya? Semua kembali lagi ke harga, harga XBOX 360 controller yang wireless hampir sama dengan Logitech F310 yakni sekitar 300 ribuan. Sedangkan harga XBOX 360 wired controller saya dapatkan dengan harga 115.000 rupiah.

Untuk dapat tersambung ke Mac XBOX 360 Controller harus disambungkan melalui port USB, dan diperlukan driver agar XBOX 360 Controller dapat terbaca dan dikenali oleh iMac.

Hampir semua website menyarankan driver untuk XBOX 360 wired gamepad controller bisa didapatkan di tattiebogle.net. Awalnya saya juga mendapatkan driver di website tersebut, ketika saya coba install, XBOX 360 controller saya tidak dapat terbaca. Ternyata setelah browsing lebih lanjut driver yang ada di tattiebogle.net hanya dapat berfungsi maksimal di OS X Snow leopard, dan tidak ada update patch untuk OS setelahnya.

Baca Juga  Baru Pindah dari Windows ke Mac? Begini cara Transfer File melalui wifi

Akhirnya saya mendapatkan driver untuk XBOX 360 Controller di https://github.com/360Controller/360Controller/releases . Ini adalah Driver yang sama dengan di tattiebogle.net hanya saja sudah mendapatkan update patch agar dapat digunakan di OS X terbaru seperti Sierra.

Setelah diinstall drivernya, XBOX 360 Controller langsung dikenali oleh iMac dan dapat digunakan untuk bermain Game

Kesimpulannya:

XBOX 360 Controller memerlukan driver agar dapat terbaca dan dikenali di Mac. Dapatkan drivernya diwebsite yang telah saya infokan sebelumnya. XBOX 360 Controller telah saya coba dan berfungsi maksimal di game game berikut :

  1. GRID 2 reloaded
  2. GRID Autosport
  3. Farming Simulator
  4. Dirt 3
  5. Owl Boy
  6. Lara Croft Go

 

XBOX 360 Gamepad Controller murah dan berfungsi 100% di Mac

Kesimpulannya adalah XBOX 360 controller dapat berfungsi dan berjalan normal di Mac dengan driver yang tepat.

Dapat berjalan dan dikenali oleh Steam sehingga dapat digunakan juga untuk bermain di game game yang didistribusikan oleh Steam. Apabila ada rekomendasi controller yang lebih murah lagi dan dapat berfungsi di Mac dapat anda infokan pada kolom komentar.

 

 

 

bagikan:

Add Comment