Cara Setting Dua Monitor / Dua Layar Pada Mac OS X

Cara Setting Dua Monitor / Dua Layar pada Mac OS X

Penggunaan dua monitor / dua layar telah lama diyakini dapat menambah efisiensi dalam menyelesaikan pekerjaan dan menjadikan lebih produktif dalam bekerja. Dengan menggunakan dua monitor memungkinkan seseorang melakukan beberapa hal penting secara bersamaan seperti contohnya membuat laporan bulanan pada monitor A sembari melihat email pada monitor B, atau bahkan dalam tingkatan yang lebih seorang editor video dapat langsung melihat previewnya pada monitor kedua sementara monitor utama tetap dipakai sebagai jendela editornya.

Hampir semua komputer berbasis windows telah menyediakan lebih dari satu port untuk penggunaan banyak monitor, baik berupa DVI, VGA atau HDMI. Sehingga Monitor tambahan akan bersifat plug and play terhadap komputer windows. Hal ini tidak berlaku untuk Mac, karena mac hanya menyediakan port Thunderbolt saja untuk penggunaan monitor kedua. Kebanyakan monitor aftermarket hanya memiliki 3 jenis kabel input yakni DVI, VGA atau HDMI saja. Ini artinya diperlukan sebuah adapter agar monitor tambahan dapat berfungsi di Mac, baik itu DVI to Thunderbolt, VGA to Thunderbolt atau HDMI to Thunderbolt. Adapter to Thunderbold bisa didapatkan dengan mudah di toko toko penyedia peralatan komputer.

adapter

Setelah Pemasangan Monitor ke dua, secara otomatis Mac akan mengenali Monitor kedua tanpa diperlukan instalasi driver.

Terdapat juga Pengaturan untuk meletakkan posisi monitor kedua sesuai selera. Yang dimaksudkan disini adalah posisi untuk mengarahkan mouse ke monitor berikutnya, apabila ditaruh disebelah kiri maka untuk berpindah antar monitor pointer harus digeser ke arah kiri, begitupun sebaliknya. Hilangkan tanda centang pada Mirror Display apabila monitor kedua akan digunakan sebagai perpanjangan desktop monitor utama.

Setting Resolusi Layar Kedua pada Mac OS X

Secara Default, Mac telah mengatur resolusi layar untuk monitor kedua atau lebih dengan mengoptimalkan tampilan. Masalahnya adalah resolusi yang diatur oleh Mac bukanlah resolusi maksimal yang dapat ditampilkan oleh monitor kedua / tambahan. Untuk dapat menampilkan resolusi maksimal diperlukan aplikasi pihak ketiga, SwitchResX.

SwitchResX adalah aplikasi terbaik saat ini untuk mengatur besaran Resolusi Layar dari masing masing monitor yang dapat ditampilkan.

Baca Juga  Begini cara mencari alamat ip pada Mac

Menu dari SwitchResX  sangat simpel dan mudah sekali untuk dipahami.

Diatas adalah menu untuk pengaturan Monitor utama. Tampak banyak sekali pilihan resolusi layar yang dapat dipilih sesuai kenyamanan mata.

Dengan menggunakan SwitchResXResolusi maksimal pada monitor kedua dapat ditampilkan.

Cara Setting Dua Monitor / Dua Layar pada Mac OS X : Kesimpulan

Tanpa menggunakan Aplikasi Tambahan maka monitor kedua yang terpasang pada Mac OS X tidak akan dapat tampil dengan resolusi maksimalnya. Karena entah bagaimana sepertinya Apple membatasi untuk penggunaan secondary monitor pada unitnya, terkecuali mungkin jika menggunakan Apple Thunderbolt Display, monitor asli keluaran Apple.

Yang perlu diingat adalah jangan memaksakan resolusi layar diluar kemampuan dari resolusi maksimal suatu monitor. Maksudnya begini jika resolusi maksimal monitor adalah 1440 X 900 maka jangan sampai dipaksa menjadi 1600 X 850 meskipun pilihan resolusi tersebut ada pada SwitchResX. Akibatnya apa jika monitor dipaksakan menjalankan resolusi diatas kemampuan maksimalnya? Efeknya adalah Monitor tersebut akan blank alias tidak menampilkan gambar apa-apa.

Lalu jika sudah terlanjur blank bagaimana? Untuk mengembalikan kondisi normal monitor maka diperlukan restart ke safemode. Dalam kondisi safemode dapat dikembalikan settingan SwitchResX menjadi normal .

Jadi berhati hatilah dalam mengatur resolusi maksimal layar agar tidak diribetkan hal lain nantinya.

bagikan:

Add Comment