Cara Menambahkan Subtitle Bahasa Indonesia Pada Kodi

Setelah seminggu disibukkan dengan rutinitas pekerjaan, bagi sebagian orang menonton film dapat memberikan hiburan. Dengan Kodi kegiatan menonton film dapat menjadi lebih mudah. Kita dapat langsung memilih Film yang ada di internet untuk kemudian ditonton dengan cara streaming. Bagi anda yang belum menginstall Kodi dapat membaca cara install Kodi terlebih dahulu.

Masalahnya kebanyakan Film yang di streaming melalui Kodi defaultnya tidak menyediakan subtitle berbahasa indonesia. Subtitle sangat penting dalam Film berbahasa asing palagi bagi yang bahasa inggrisnya pas pasan. Sukur sukur kalau film yang diputar bergenre action tinggal menikmati aksi baku hantamnya saja, nah kalau yang diputar drama? kepala bisa tambah pusing kalau tidak tahu pemainnya sedang bahas apa. Bukannya hiburan yang didapat, nantinya malah emosi sendiri atau bahkan bisa sampai stroke di usia muda.

Pada artikel berikut akan dijelaskan langkah demi langkah dalam menambahkan subtitle bahasa indonesia pada Kodi.

Cara Menambahkan Subtitle Bahasa Indonesia Pada Kodi Krypton

Saya anggap anda sudah menginstall Kodi sebelumnya. Kodi saat ini sudah mencapai versi 17 “Krypton” dengan banyak peningkatan pada update yang dibawanya. Tutorial ini menggunakan Kodi versi 17 “Krypton” walaupun pada dasarnya untuk menambahkan subtitle bahasa indonesia pada Kodi secara garis besar sama untuk semua versi.

Berikut langkah-langkah menambahkan subtitle bahasa indonesia pada Kodi Krypton:

  • Pilih menu Setting ditandai dengan ikon gear pada sebelah kiri atas
  • Pilih Menu Player Setting
  • Pastikan anda berada pada menu Expert ditandai pada pojok kiri bawah. Pilih tab Language >> Preffered Subtitle Language.
  • Pilih Bahasa Indonesia
  • jangan beranjak dari tab Language, scroll kebawah pilih Language to download subtitle for
  • Pilih Bahasa Indonesia.
  • Kembali ke Halaman utama Kodi Krypton. Pilih ikon Search di sebelah kiri atas
  • Pilih Search Add-ons.
  • Ketik Subtitles pada pada kolom Search
  • Pilih Subscene.com  kemudian Install (sebagai alternatif anda dapat memilih opensubtitles.org)
Baca Juga  Ini nih Gamepad Controller Murah Yang Cocok Untuk Mac

Selesai. add-on subtitle berbahasa indonesia dari subscene.com telah ditambahkan

Menampilkan subtitle bahasa indonesia dalam Film streaming Kodi Krypton.

Selesai menambahkan add-on subtitle bukan berarti film yang nanti diputar akan secara otomatis menampilkan subtitle. Karena film di Kodi secara default tidak menambahkan subtitle. Untuk dapat menampilkan subtitle berbahasa indonesia pada Film yang sedang diputar adalah sebagai berikut:

  • Pilih dulu film yang akan ditonton. Apabila film telah diputar pilih menu Subtitles pada sebelah kanan bawah.
  • Pilih Download.
  • Pilih Subscene.com pada tab sebelah kiri. Pilih subtitle yang anda inginkan, saya biasanya memilih yang pertama, nanti apabila timing tidak cocok bisa pilih subtitle dibawahnya, begitu seterusnya sampai ketemu yang cocok.

Akhirnya Subtitle sudah muncul pada Film kesukaan.

Film apabila sudah ada subtitle bahasa indonesianya saya yakin akan menambah kenikmatan dalam menonton. Dan tujuan utama mencari hiburan dari menonton Film akan tercapai.

Dengan artikel menambahkan subtitle bahasa indonesia pada Kodi, saya harapkan dapat membantu anda dalam menikmati keasikan menonton film. Bagikan jika anda merasa terbantu, apabila ada cara lebih mudah dalam menambahkan subtitle berbasaha indonesia yang saya belum ketahui dapat anda tuliskan pada kolom komentar.

bagikan:

4 Comments

  1. Art August 19, 2017
    • admin August 19, 2017
  2. Mehdi August 25, 2017

Add Comment