BPJS Ketenagakerjaan Cair 100%? Memangnya Bisa?

BPJS Ketenagakerjaan Cair 100%? Memangnya Bisa?

Ketika saya memutuskan untuk Resign dari Perusahaan tempat saya bekerja dulu, yang pertama saya pikirkan adalah dana simpanan di BPJS ketenagakerjaan apakah bisa dicairkan penuh atau 100%?. Kenapa harus 100%?, karena tentunya saya harus memiliki modal yang dapat saya gunakan memulai usaha ataupun memenuhi kebutuhan hidup sehari hari sampai saya mendapatkan pekerjaan yang baru – lagipula itu juga uang saya yang dipotong tiap bulan dari gaji.  Sempat muncul keragu-raguan karena Peraturan Pemerintah mengenai BPJS ketenagakerjaan sudah direvisi beberapa kali terkait prosedur pencairan dana BPJSnya. Ternyata menurut keterangan di website resmi BPJS ketenagakerjaan, pencairan manfaat JHT (Jaminan Hari Tua) dapat dibayarkan secara penuh / 100% apabila berhenti bekerja karena mengundurkan diri. Semakin Mantap untuk segera Resign, toh bisa cair juga dananya.

Berkas yang perlu disiapkan

Sebelumnya saya informasikan dulu, bahwa artikel saya ini khusus membahas bagaimana pencarian saldo JHT apabila peserta berhenti bekerja karena mengundurkan diri atau resign. Yang perlu diperhatikan adalah, minimal kepesertaan sudah mencapai 5 tahun dengan masa tunggu 1 bulan sejak tanggal terakhir resign. Sebetulnya untuk pencairan saldo juga bisa melalui klaim online di website BPJS, lebih simpel dan mudah. Berhubung KTP saya masih belum e-KTP saya skip aja cara tersebut.

Persiapkan terlebih dahulu berkas berkas yang nantinya dibutuhkan sebagai persyaratan pencairan saldo JHT. Berikut adalah yang perlu disiapkan:

  1. Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Kartu Tanda Identitas yang masih berlaku
  3. Kartu Keluarga
  4. Surat Keterangan Berhenti Bekerja dari Kantor lama
  5. Buku Tabungan yang masih aktif

Untuk jaga-jaga fotokopi saja masing masing 2 lembar.

Prosedur Pencairan BPJS Ketenagakerjaan 100%

Adapun Prosedur pencairan saldo JHT karena mengundurkan diri atau resign adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Ternyata Begini Rasanya membeli iMac...

Datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat

Sebagai gambaran, di kota saya Malang kantor BPJS ketenagakerjaan hanya menyediakan 100 nomer antrian untuk pencairan JHT. Walaupun kantor BPJS Ketenagakerjaan baru buka jam 08:00, akan tetapi nomer antrian sudah dibagikan sejak pukul 07:15 WIB. Jadi saya sarankan anda datang pagi pagi sekali. Dan satu lagi, nomer antrian hanya dibagikan bagimerak yang berkasnya sudah memenuhi syarat. Kalau belum, ya nomer antrian tidak akan diberi dan diminta kembali esok hari.

Mengisi Formulir Pengajuan Klaim JHT

Persiapkan alat tulis dari rumah karena bisa jadi dilokasi tidak ada yang menjual ballpoin, daripada kebingungan setidaknya sudah prepare sebelumnya. Isi Formulir dengan data diri yang sebenarnya agar tidak kesulitan pada proses selanjutnya.

Pendaftaran dan Cek Kelangkapan Berkas

Apabila nomer antrian sudah dipanggil akan diminta ke loket untuk pendaftaran

Wawancara dan Foto

Verifikasi melalui telepon ke tempat kerja yang lama apakah benar sudah resign dan tidak ada ikatan kerja lagi dilakukan oleh petugas pada sesi wawancara. Foto untuk bukti bahwa yang bersangkutan telah mengambil saldo JHTnya.

Setelah semua proses selesai, dana JHT akan ditransfer ke rekening Bank

Transfer saldo JHT ke rekening membutuhkan waktu 7 hari kerja, maksimal 14 hari kerja.

Artikel diatas hanya dikhususkan bagi anda yang berhenti dari kepersetaan BPJS Ketenagakerjaan karena mengundurkan diri atauj resign, untuk penyebab lain seperti PHK saya belum pernah mengalaminya, jadi belum punya pengalaman, mungkin anda bersedia membagi pengalaman anda di kolom komentar.

 

 

 

bagikan:

Add Comment