Benarkah iMac bukan untuk Game?

Benarkah iMac bukan untuk Game?

Dulu sebelum saya memutuskan untuk membeli iMac, saya banyak menerima masukan dari rekan rekan saya bahwa iMac itu tidak cocok untuk main game. Alasannya sih beragam, mulai dari iMac itu hanya khusus dipakai oleh desainer dan programmer sampai kalaupun bisa untuk game, maka game di iMac jumlahnya pasti sedikit.

Walaupun memang tujuan saya membeli PC Desktop tidak untuk digunakan bermain game saja, tapi game kan juga penting sebagai hiburan. Kalau sedang bosan bekerja kan bisa disambi dengan main game untuk menghilangkan kejenuhan. Awalnya sempat bimbang dan ragu, karena dengan biaya diatas 20 juta kalau memang benar saya alokasikan untuk membeli iMac dan ternyata tidak bisa dipakai game kan saya rugi bandar. Dengan dana diatas 20 juta apabila saya gunakan untuk merakit PC Windows saya sudah bisa mendapatkan spesifikasi yang diatas rata rata, bahkan boleh dibilang sebagai Gaming Rig. Ditambah rekan saya juga mengatakan game untuk mac os tidak sebanyak Windows, kualitas game yang tidak terlalu WOW dan kebanyakan game nya berbayar atau sulit untuk mencari versi pak tani nya. Tetapi mengesampingkan masukan rekan saya, saya jadi juga membeli iMac, untuk masalah bisa atau tidaknya main game akan saya pikirkan nanti.

iMac Bukan Untuk Game?

Padahal jika dilihat dari spesifikasi iMac sebenarnya spesifikasi yang dimiliki sudah lebih dari cukup untuk menjalankan game terkini dengan setingan setidaknya HIGH. sebagai contoh spesifikasi dari iMac saya

MK462 Spec

Dengan prosesor intel Core i5 3.2 GHz, Memory 8GB dan Kartu Grafis AMD Radeon R9 M380 2GB pastinya enteng saja untuk menjalankan game sekelas Grand Theft Auto V.

Baca Juga  Prosedur Perpanjangan SIM 2017 di Malang

Namus sayangnya benar perkataan rekan saya game game terbaru saat ini seperti Grand Theft Auto V tidak ada versi Mac OSX nya dan itu berlaku juga untuk semua game keren sebut saja seperti farcry, just cause, dan masih banyak yang lain.

Akan tetapi saya menemukan bahwa ternyata ada game game keren yang juga didesain oleh pengembangnya untuk dapat berjalan di Mac contohnya:

  • Call of Duty
  • GRID / GRID 2 / GRID AUTOSPORT
  • BATMAN GOTHAM ARKHAM ASYLUM

dan masih banyak yang lain yang ternyata juga mampu berjalan di Mac yang menggunakan integrated grafis dari intel.

iMac Bisa Untuk Game

Anggapan saya bahwa Mac tidak bisa bermain game ternyata keliru, terlebih setelah saya mengetahui bahwa di Steam (portal penyedial layanan game baik gratis maupun berbayar) banyak sekali game yang juga dikhususkan untuk Mac, contoh game yang sedang hits saat ini PALADIN (clone dari game OVERWATCH).

Game yang saat ini terinstall pada Mac saya dan berjalan dengan lancar adalah sebagai berikut:

  1. Farming Simulator 17
  2. GRID 2 Reloaded
  3. Minecraft story mode
  4. TRINE 3 – Steam
  5. PALADIN – Steam
  6. Besiege – Steam
  7. Fishing Planet – Steam
  8. Lara Croft GO
  9. OWL Boy
  10. Night in the Woods

Semua game diatas sudah ditest dan berjalan tanpa lag.

Boot Camp Untuk Pilihan Game lebih Banyak

Apa itu Boot Camp? Boot Camp adalah software bawaan dari Apple khusus untuk Mac yang berbasis prosesor intel agar dapat menjalankan Dual Boot baik itu menggunakan OSX atau menggunakan WINDOWS. Betul, Windows dapat dipasang pada Mac melalui Boot Camp. Tentunya dengan menjalankan OS Windows di Mac kita dapat menginstal banyak sekali pilihan Game yang tersedia. Tutorial untuk Dual OS akan saya bahas nanti, karena saat ini saya sendiri belum merasa perlu untuk memakai OS Windows di Mac saya, daftar game yang saya miliki masih belum selesai saya mainkan.

Baca Juga  5 Tips Mudah Dalam Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Merugi

Tambahkan controller agar lebih mengasyikkan dalam bermain game. Untuk controller yang support dengan Mac akan saya bahas pada artikel lain

Kesimpulannya Mac juga dapat digunakan bermain game, malah jika dirasa kurang dengan game khusus Mac dapat menggunakan Boot camp untuk menjalankan OS Windows dengan pilihan game premium yang banyak tersedia

bagikan:

Add Comment