stnk sementara

Begini Prosedur Mutasi Keluar dan Balik Nama Kendaraan Bermotor Jawa Timur 2017

Begini Prosedur Mutasi Keluar dan Balik Nama Kendaraan Bermotor Jawa Timur 2017

Dalam membeli mobil bekas, pastinya kita sadar bahwa data identitas yang melekat pada mobil bekas yang dibeli adalah identitas dari pemilik sebelumnya. Pada awalnya mungkin kita tidak akan menemui masalah, toh surat surat lengkap kita yang pegang meskipun data identitasnya tidak sesuai dengan yang ada di KTP kita.

Akan tetapi masalah baru muncul ketika sudah tiba waktunya untuk perpanjangan surat identitas kendaraan, baik itu pajak tahunan maupun perpanjangan surat lima tahunan. Tentunya dalam proses pengurusan perpanjangan surat kendaraan dibutuhkan kartu identitas pemilik pertama dari mobil bekas yang kita beli. Nah kalau pemilik lama bersedia meminjamkan KTPnya tiap tahun pasti tidak ada masalah, tapi bila pemilik lama tidak mau meminjamkan KTPnya dan bahkan setelah menjual mobilnya pemilik lama langsung melapor jual kendaraan ke samsat, pastinya kita akan kesulitan ketika tiba waktunya perpanjangan pajak.

Baca : Pastikan Dokumen Ini Lengkap Saat Membeli Mobil Bekas

Walaupun bagi orang yang berduit hal tersebut diatas bukan merupakan suatu masalah, cukup dengan menggunakan biro jasa masalah perpanjangan pajak mobil bekas teratasi dengan mudah.

Itulah yang mendasari saya setelah membeli mobil bekas untuk segera melakukan balik nama kendaraan agar mudah pengurusan surat surat kedepannya. Saya mendapatkan mobil bekas ketika masih bekerja di Surabaya sedangkan saya asli orang Malang, artinya saya harus melakukan mutasi keluar  atau cabut berkas kendaraan dari wilayah Surabaya untuk diregistrasi ulang di wilayah Malang.

Pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman saya dalam proses mutasi kendaraan bermotor untuk wilayah jawa timur, secara garis besar sama. Simak Prosedur Mutasi Keluar dan Balik Nama Kendaraan Bermotor Jawa Timur 2017 berikut ini:

Baca Juga  5 Tips Mudah Dalam Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Merugi

Kelengkapan Mutasi Keluar dan Balik Nama Mobil Bekas

Alangkah baiknya sebelum berangkat ke Samsat setempat, persiapkan terlebih dahulu kelengkapan berkas atau dokumen yang diperlukan untuk proses mutasi keluar dan balik nama mobil bekas. Jangan sampai kita harus bolak balik  hanya untuk mengambil dokumen yang ketinggalan dirumah.

Persiapkan juga waktu untuk mengurus mutasi keluar dan balik nama mobil bekas di samsat, karena prosesnya membutuhkan waktu satu hari kerja. Dokumen yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  1. BPKB
  2. STNK
  3. Kwitansi kosong bermaterai dengan tanda tangan pemilik sebelumnya
  4. kwitansi kosong dengan tanda tangan pemilik sebelumnya
  5. KTP Asli Pemilik Baru
  6. Faktur / Form A

Prosedur Mutasi Keluar dan Balik Nama Kendaraan Bermotor di Jawa Timur

Berhubung saya membeli mobil bekas di Surabaya tepatnya daerah Kenjeran, maka artikel ini dikhususkan untuk prosedur pengurusan mutasi keluar di Samsat Utara walaupun pada umumnya secara garis besar sama di masing masing daerah.

Awalnya saya sempat berpikir untuk menyerahkan urusan mutasi dan balik nama kendaraan ke biro jasa saja. Akan tetapi tentunya perkiraan total biaya pengurusan pasti akan membengkak ditambah lagi mobil bekas saya sudah hampir jatuh tempo dimana harus membayar pajak tahunannya juga.

Daripada saya harus keluar dana lebih melalui biro jasa lebih baik saya mengurus sendiri jadi saya dapat membagikan pengalaman saya disini.

Prosedur dan proses mutasi keluar di Samsat Surabaya Utara

Berikut adalah proses yang perlu dilewati

#1. Datang langsung ke Kantor Samsat Surabaya Utara. Alamat Kantor Samsat Surabaya Utara tepatnya di Jl. Kedung Cowek No.373, Tanah Kali Kedinding, Kenjeran. Arah ke Jembatan Suramadu.

#2. Langsung parkir kendaraan di parkiran dalam Kantor Samsat, tempat pelaksanaan cek fisik kendaraan. Disini biasanya kita akan ditawari untuk dibantu pengurusan di Samsat oleh petugas parkir, lebih baik jangan diterima.

Baca Juga  Prosedur Mutasi Masuk Kendaraan Bermotor di Malang 2017

#3. Menuju ke tempat pendaftaran formulir. Nanti akan ditanya tujuan pengurusan di Samsat dan akan diberi formulir sesuai peruntukannya.

#4. Setelah mendapatkan Formulir, kita perlu menghampir petugas gesek nomer kendaraan yang biasanya sudah standby di depan tempat pendaftaran formulir. Nanti petugas akan menggesek nomer mesin dan nomer rangka kendaraan dan menempelkan hasilnya pada formulir. Mengenai biayanya, waktu itu karena saya belum pernah sama sekali melakukan mutasi keluar di samsat, saya memberikan petugas gesek sebesar 20.000 rupiah dengan harapan saya bisa mendapat informasi dari petugas mengenai prosedur pengurusan mutasi kendaraan. Alhamdulillah ternyata petugas gesek yang membantu saya bersedia memberikan informasinya.

#5. Fotokopi berkas yang sudah disiapkan sebelumnya, serahkan ke tempat fotokopi yang berada di sekitar parkiran motor, mereka sudah paham berapa lembar hasil fotokopi dokumen yang dibutuhkan.

#6. Setelah dokumen selesai difotokopi kita menuju ke tempat legalisasi hasil cek fisik, tepatnya berada di samping kanan loket formulir pendaftaran.

#7. Setelah itu menuju loket legalisasi formulir agar berkas kita dicek kelengkapannya, tempatnya masih di sekitar loket formulir pendaftaran.

#8. Berikutnya kita menuju ke gedung Samsat lantai bawah (pintu masuk di samping) untuk  mendaftar di bagian Loket fiskal.

#9. Nantinya kita akan diminta petugas fiskal untuk melakukan pembayaran biaya Mutasi sebesar 250.000 rupiah di kasir.

#10. Kembali ke loket fiskal untuk menerima berkas dokumen dan menuju ke loket blokir STNK di dekat pintu masuk.

#11. Setelah itu kita menuju ke Gudang Kartu Induk  atau gedung k.i yang berada di lantai 2, pintu masuk berada di depan.

Karena saya akan mencabut berkas kendaraan dari surabaya, maka oleh petugas gedung kartu induk di samsat saya diminta untuk mengambil berkas kartu induk kendaraan saya di POLDA JAWA TIMUR.

Baca Juga  Ternyata Begini Rasanya membeli iMac...

Prosedur dan proses mutasi keluar di POLDA JATIM

Ternyata Proses di POLDA sangat mudah. Gedung Kartu Induk berada tepat ditikungan pertama pintu masuk POLDA, ditandai dengan atap gedung yang berbentuk kotak kotak. Tinggal serahkan berkas dari Samsat ke Petugas, setelah diminta menunggu berkas kartu induk kendaraan kita akan diserahkan dan kita diminta kembali ke Samsat tempat kendaraan kita berasal.

Begitu sampai di Samsat Surabaya utara, berikut yang harus dilakukan setelah dari POLDA:

  1. Legalisasi kartu induk kendaraan dari POLDA di Gudang K.I Samsat
  2. Cabut berkas di Gedung STNK Samsat Surabaya Utara. lokasinya berada di parkiran tempat cek fisik kendaraan.
  3. Apabila berkas telah selesai di proses, kita akan diminta menyerahkan semua berkas ke loket Mutasi yang berada di lantai 2.
  4. Nantinya berkas akan diproses lebih lanjut selama kurang lebih 3 minggu.

Prosedur Mutasi Keluar dan Balik Nama Kendaraan Bermotor di Jawa Timur : Kesimpulan

Apabila kita mengetahui alurnya, untuk pengurusan mutasi maupun balik nama kendaraan lebih mudah jika diurus sendiri. Hindari menggunakan jasa Calo, saya mendapatkan info dari petugas gesek sebelumnya pernah ada yang sampai tertipu 16 juta rupiah untuk mengurus mutasi keluar kendaraan bermotornya karena melalui calo.

karena saat proses dokumen di Samsat, STNK dan BPKB yang asli kita diserahkan ke petugas, maka petugas nantinya akan memberikan Surat Keterangan Pengganti Surat Tanda Nomor Kendaraan Sementara  disertai fotokopi STNK dan BPKB agar kendaraan masih dapat digunakan di jalan raya.

Artikel ini akan berlanjut ketika berkas yang sudah diproses untuk diserahkan ke samsat tujuan, akan saya bahas berikutnya.

 

bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.