Begini Cara Termudah Install Windows 10 di Mac

Begini Cara Termudah Install Windows 10 di Mac

Mungkin sebagian pengguna mac menanyakan mengapa harus menginstall windows di mac mereka, sedangkan kebanyakan pengguna windows malah justru ingin sekali beralih ke mac.

Sama seperti halnya ketika saya beralih ke mac beberapa waktu lalu, setelah menggunakan mac saya beranggapan tidak ada alasan buat saya untuk kembali menggunakan windows. Kebutuhan saya akan pc sudah sangat tercukupi dengan mac, bahkan melebihi ekpetasi saya. Untuk penggunaan ketik mengetik dokumen, edit mengedit gambar, rendering video bahkan sampai gaming dapat dilakukan dengan lancar.

Bicara soal gaming, inilah yang menyebabkan saya kembali goyah pada pendirian saya. Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya pada artikel Benarkah iMac bukan untuk Game?, saat itu saya berpikir mac saja sudah dapat memuaskan keinginan saya untuk game.

Hanya saja ketika saudara saya menunjukkan sebuah game yang hanya khusus dan eksklusif untuk windows, saya langsung mengatakan inilah saatnya saya menginstall windows di mac saya.

Install Windows 10 di Mac Menggunakan Bootcamp

Ternyata Apple telah menyediakan aplikasi bawaan untuk mac yang berbasis prosesor intel agar dapat menginstall windows. Adalah Bootcamp, aplikasi yang memungkinkan pengguna mac agar dapat menjalankan windows di mac mereka.

Untuk mac dalam keadaan standar, bootcamp dapat ditemukan di launchpad dan folder other. Atau lebih mudahnya tekan command dan spacebar untuk memunculkan spotlight dan mengetikkan bootcamp .

Berikut adalah langkah langkah menginstall windows 10 dengan bootcamp :

  1. Download terlebih dahulu windows 10 ISO nya. bisa didapatkan disini https://www.microsoft.com/en-in/software-download/windows10ISO
  2. Buka aplikasi bootcampnya
  3. Pilih continue untuk melanjutkan
  4. Pilih lokasi ISO windows 10 yang telah didownload sebelumnya
  5. Tentukan besaran HD Drive yang akan diberikan untuk windows 10. Apabila anda hanya berencana untuk coba coba saja dalam menginstall windows di mac saya rasa secara default pilihan yang diberikan sudah cukup. Karena saya membutuhkan untuk bermain game yang membutuhkan kapasitas besar, saya akan memberikan ruang untuk windows 10 sebesar 250GB. Saya sarankan selalu berikan porsi untuk mac lebih besar daripada windows.
  6. Tekan install untuk memulai
  7. Proses akan memakan waktu dan nantinya anda akan diminta password dari mac anda untuk melanjutkan
  8. Mac akan restart dan akan muncul tampilan windows
  9. Masukkan lisensi windows jika anda sudah punya sebelumnya. Bagaimana jika tidak punya lisensi windows? pilih saja pilihan “saya tidak punya key produk” atau yang berada ditengah.
  10. Mac akan restart kembali ke dalam windows, saya sarankan untuk tidak memilih Use Express Setting pada saat tampilan pertamanya, pilih customize dan OFF kan semua pilihan yang ada.
  11. Lanjutkan semua proses sampai muncul Desktop Windows yang menandakan windows telah berhasil diinstal di mac.
Baca Juga  Tips membeli iPhone. Awas Terjebak iPhone Rekondisi

Driver Windows 10 Untuk Mac Dengan Bootcamp Assistant

Sama seperti pc desktop pada umumnya ketika kita menginstall windows sebagai operating systemnya, kita membutuhkan driver dari hardware PC agar dapat terbaca oleh windows. Walaupun ketika kita menggunakan Mac kita tidak diribetkan dengan urusan install menginstall driver dan mac langsung dapat digunakan ketika keluar dari boksnya, Prosedur install driver tetap harus dijalankan ketika kita menginstall windows di mac.

Untuk menginstall driver windows di mac kita membutuhkan bootcamp assistant. Jalankan saja bootcamp assistant dan pilih untuk menginstall semua driver yang dibutuhkan agar windows dapat membaca semua hardware dari mac kita. Pilih restart ketika proses sudah selasai.

Yang Harus Dilakukan Ketika Windows Sudah Terinstall Dengan Benar di Mac

Untuk menghindari masalah di kemudian hari ketika kita menggunakan windows di lingkungan mac, saya sarankan untuk mengupdate beberapa software penting yang ada di windows, Berikut adalah software yang perlu diupdate:

  1. Jalankan Apple software Update. Terkadang sofware driver yang diinstall dari bootcamp assistant bukan merupakan driver terbaru, Apple software update mengatasi masalah ini dengan memberikan pilihan driver terbaru agar mac bisa menjalankan windows dengan lebih mulus
  2. Jalankan Windows update. Agar windows yang kita gunakan senantiasa terupdate dengan yang paling baru.

Cara Berpindah dari Windows ke macOS Ataupun Sebaliknya

Ada tiga cara agar kita bisa berpindah sistem operasi dari windows yang baru saja kita install untuk kembali ke OS bawaan mac atau OSX.

  1. Pada mode windows, pilih system tray yang ada di pojok kanan bawah dan pilih ikon bootcamp, akan muncul pilihan untuk restart ke macOS
  2. Pada macOS dapat dilakukan dengan pilih system preferences dan Startup Disk, pilih saja bootcamp drive dan restart, akan diminta password untuk melanjutkan
  3. Pada saat mac baru dinyalakan atau direstart tekan dan tahan tombol “option” untuk memunculkan menu pilihan boot.
Baca Juga  Cara Menambahkan Subtitle Bahasa Indonesia Pada Kodi

Un-install Windows 10 di Mac Menggunakan Bootcamp

Sangat mudah sekali untuk menguninstall windows 10 di mac. Yang kita butuhkan hanyalah aplikasi Bootcamp assistant. Jalankan aplikasinya dan pilih restore untuk menghapus partisi HD Driver yang digunakan untuk bootcamp dan menyatukannya kembali menjadi satu kesatuan macintoshHD yang utuh seperti semula.

 

bagikan:

Add Comment