Begini Cara Paling Aman Untuk Upgrade iOS Pada iPhone, iPad dan iPod Touch

Cara Paling Aman Untuk Upgrade iOS Pada iPhone, iPad dan iPod Touch

Setiap sistem operasi (OS) yang digunakan lambat laun tidak dapat mengimbangi kebutuhan dari penggunanya.

Tentunya agar sistem operasi dapat menuruti kemauan dan meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik, pihak pengembang akan memberikan upgrade terhadap sistem operasi tersebut.

Ditambah pula saat ini penggunaan perangkat smartphone juga sudah merambah ke bisnis dimana sering digunakan untuk transaksi keuangan. Tentunya smartphone yang memiliki sistem keamanan yang tinggi yang akan tetap digunakan.

Apple sebagai perusahaan yang sudah ternama dan memiliki produk perangkat smartphone  yang terkenal simple dan handal untuk digunakan, tentunya tidak ingin kehilangan pengguna produknya karena sistem operasi yang itu itu saja. Oleh karena itu Apple rutin untuk mengupgrade sistem operasi iOSnya agar tetap mampu mengikuti perkembangan kebutuhan penggunanya.

Cara Upgrade iOS Pada Umumnya

Pada Umumnya para pengguna iOS akan melakukan hal berikut dalam mengupgrade sistem operasinya.

#1. Upgrade Melalui Wifi

Apple memberikan kemudahan untuk pengguna perangkat iOSnya dengan memberikan upgrade OTA (Over The Air) melalui wifi.

Kita dapat mengupgrade iOS melalui wifi dengan cara buka Pengaturan >> Mengenai >> Pembaharuan Perangkat Lunak

Apabila Perangkat lunak atau iOS yang lebih baru tersedia disana akan muncul pilihan untuk menginstall.

#2. Upgrade dengan iTunes

Cara berikut bahkan lebih mudah lagi, yang dibutuhkan hanyalah komputer yang memiliki iTunes dan tersambung ke internet.

Cukup sambungkan iDevice melalui kabel USB dan Otomatis iTunes akan memberikan pilihan apabila tersedia perangkat lunak terbaru.

Kedua cara diatas paling umum atau sering digunakan oleh pengguna iOS.

Hanya saja untuk iDevice yang dijailbreak haram hukumnya untuk upgrade iOS dengan kedua cara diatas. iDevice yang dijailbreak telah merubah sistem bawaan dari iOSnya sehingga apabila diupgrade dengan cara diatas akan mengakibatkan iDevice gagal booting dan hanya stuck di logo iTunes.

Baca Juga  Begini Cara Masuk DFU Mode untuk iPhone, iPod dan iPad

Upgrade iOS dengan kedua cara  diatas terkadang masih menyisakan file file sampah ataupun spyware walaupun spyware sangat jarang menyerang iOS.

Tidak jarang dengan mengupgrade melalui kedua cara tersebut sisa storage / media penyimpanan berkurang.

Bahkan yang lebih ekstrim adalah kasus ketika iPhone 4s mendapatkan upgrade dari iOS 6 ke iOS 7. Sebagian besar iPhone 4s yang diupgrade melalui wifi mengalami masalah pada wifinya yang tidak dapat berfungsi kembali di iOS barunya.

Hal tersebut justru tidak terjadi pada pengguna iPhone 4s yang upgrade melalui DFU MODE. Jadi bisa dipastikan walaupun mudah akan tetapi kemungkinan kesalahan masih dapat terjadi.

Untuk itulah saya akan memberikan cara untuk upgrade iOS yang paling aman, dan minim resiko, dengan syarat perangkat anda memiliki kondisi yang prima dan tidak ada kerusakan pada hardwarenya.

Cara Paling Aman Untuk Upgrade iOS Pada iPhone, iPad dan iPod Touch

Untuk upgrade iOS cara yang paling aman adalah upgrade dengan cara merestore atau menginstall ulang sistem operasi dari perangkat iOS melalui DFU MODE.

Untuk memahami DFU mode dapat dibaca disini

Dengan menginstall ulang kita memberikan file iOS yang baru ke perangkat sehingga iDevice akan memiliki software yang murni seperti baru saja keluar dari toko Apple.

Tentunya sisa sisa file system yang tidak berguna pada OS sebelumnya tidak ikut terbawa sehingga bisa dikatakan hampir minim resiko.

Berikut adalah langkah langkah upgrade iOS paling aman dengan DFU MODE:

Dapatkan software system iOS yang terbaru

Karena kita akan menginstall ulang system operasi pada perangkat iOS tentunya dibutuhkan software iOS itu sendiri.

Apple memiliki kebijakan iOS yang dapat diinstall pada perangkatnya adalah yang terbaru, dan tidak memberikan kemungkinan untuk menginstall system operasi iOS yang lama.

Baca Juga  Ini nih Gamepad Controller Murah Yang Cocok Untuk Mac

Maksudnya adalah, saat ini iOS yang terbaru adalah versi 10.3, semua perangkat yang kompatibel dengan versi 10.3 tidak dapat menginstall ulang iOS nya dengan versi 10.2 ataupun dibawahnya, jadi mau tidak mau haru ke iOS yang terbaru.

Untuk iOS yang terbaru yang sesuai dengan perangkat yang anda miliki bisa anda dapatkan di situs ipsw.me

Masukkan type perangkat anda, apabila bingung dengan pilihan yang tersedia anda dapat mencari software yang cocok dengan memasukkan Model perangkat anda yang dapat ditemukan pada bagian belakang perangkat anda.

Pastikan anda mendapatkan software iOS yang benar benar sesuai untuk perangkat Apple anda, ketidak sesuaian software tentunya dapat berakibat fatal.

iTunes Terbaru

Agar lebih memudahkan proses upgrade iOS tentunya dibutuhkan iTunes yang terbaru, untuk mendapatkannya tentu sangat mudah, pilih about pada iTunes anda dan cek untuk updatenya.

Selalu backup iDevice anda setiap kali anda tersambung ke iTunes.

Masuk ke DFU mode dan Restore

Sebelum berlanjut pada langkah berikut pastikan anda sudah menonaktifkan iCloud pada iDevice anda.  Apabila anda tidak mempunyai akses terhadap iCloud anda, lebih baik anda tidak melanjutkan untuk upgrade karena akan berakibat perangkat anda tidak dapat digunakan kembali.

Masuk ke DFU Mode pada iDevice. apabila langkah yang dilakukan benar iTunes akan membaca perangkat pada mode recovery.

Tahan tombol “control” pada windows atau “option” pada mac sambil memilih Restore pada iTunes, Pilih File Software iOS yang telah didapatkan sebelumnya. Dan biarkan proses berjalan.

Ketika selesai, iDevice akan kembali pada kondisi seperti saat anda mendapatkanya dari toko Apple dulu.

Restore backup anda pada perangkat untuk mengembalikan data data penting anda sebelumnya.

Baca Juga  Collection Of Mac Shortcuts

Disclaimer

Tentunya selalu backup terhadap data anda. Backup setiap kali iDevice anda tersambung ke iTunes. Saya tidak bertanggung jawab atas hilangnya data anda setelah anda melakukan langkah tersebut diatas

Pastikan anda memiliki akses iCloud pada iDevice anda, saya tidak bertanggungjawab apabila anda tidak dapat menggunakan iDevice anda kembali hanya karena lupa password iCloud anda.

Lakukan semua langkah diatas untuk upgrade iOS dengan resiko anda sendiri.

Selama anda selalu backup data anda dan memiliki kontrol penuh terhadap iDevice baik itu ICloud maupun Apple id yang tersemat di dalam perangkat, resiko untuk kerusakan adalah minim.

 

 

 

 

bagikan:

One Response

  1. it solution indonesia September 20, 2017

Add Comment