Begini Cara Masuk DFU Mode untuk iPhone, iPod dan iPad

Begini Cara Masuk DFU Mode untuk iPhone, iPod dan iPad

DFU merupakan singkatan dari Device Firmware Upgrade. DFU Mode adalah kondisi dimana iPhone, iPod atau iPad dalam posisi menyala tapi tidak menjalankan OS/Firmwarenya, karena menyala jadi masih dapat tersambung dengan itunes. Dengan posisi iPhone tidak sedang loading firmware maka posisi iPhone siap untuk diinstall firmware / OS baru (Clean Install)

DFU Mode sangat diperlukan ketika iDevice (iPhone, iPod atau iPad) akan diJailbreak, jadi iDevice perlu diinstall ulang dengan cara clean install terlebih dahulu sebelum diJailbreak karena tanpa install ulang dengan terlebih dahulu masuk ke DFU Mode dikhawatirkan iDevice akan mengalami masalah dalam proses Jailbreak bahkan bisa sampai matot.

Install ulang OS / Firmware dengan melalui DFU Mode biasanya juga dapat memperbaiki iphone yang stuck di logo itunes ataupun iPhone yang hanya muncul logo apple saja. Selama tidak bermasalah pada hardware hampir semua permasalahan Firmware dapat diatasi dengan DFU Mode.

Restore OS dengan DFU Mode juga dapat mengembalikan iPhone yang di Jailbreak ke kondisi normal.

Cara Masuk DFU Mode untuk iPhone, iPod dan iPad

Untuk bisa masuk ke DFU Mode terlebih dahulu anda harus memastikan iDevice tersambung melalui kabel USB dan dapat dikenali oleh itunes. Langkah berikutnya saya asumsikan iDevice anda telah tersambung ke komputer adalah sebagai berikut

  1. Buka itunes dan pastikan iDevice anda terbaca di itunes
  2. Matikan iDevice dengan menekan dan menahan tombol power
  3. Nyalakan iDevice dengan menekan dan menahan tombol power selama tiga detik hingga muncul logo apple
  4. Sambil menekan tombol power, tekan tombol home (Jangan lepas tombol power) dan tahan kedua tombol selama 10 detik
  5. Setelah 10 detik lepas tombol power saja, tetap tahan tombol home sampai layar pada iDevice menjadi gelap
Baca Juga  Ini nih Gamepad Controller Murah Yang Cocok Untuk Mac

Jika urutan dan timing anda tepat dalam melakukan hal diatas maka itunes akan mendeteksi iDevice anda berada di dalam DFU Mode, seperti contoh gambar berikut:

DFU MODE

JIka itunes tidak memberikan tulisan seperti gambar diatas itu artinya anda gagal, dan anda perlu melakukannya dari awal lagi.

Cara Keluar Dari DFU Mode untuk iPhone, iPod dan iPad

Untuk keluar dari DFU MODE yang diperlukan hanyalah menekan tombol power dan home secara bersamaan sampai iDevice Restart dan logo apple kembali muncul

DFU Mode juga berguna untuk anda yang lupa passcode, dapat diatasi dengan install ulang firmware melalui DFU Mode dengan konsekuensi semua data yang ada sebelumnya akan hilang ter reset. Tidak berlaku bagi anda yang lupa password iCloud, Jika lupa Password iCloud meskipun anda menginstall ulang firmware melalui DFU Mode iDevice nantinya tetap akan meminta password iClud anda. Demikianlah cara untuk masuk ke DFU Mode semoga dapat membantu kesulitan anda. Jika masih mengalami kesulitan atau Jika info yang saya berikan keliru dapat anda tambahkan di kolom komentar

 

bagikan:

2 Comments

  1. Prediksi Skor Bola June 24, 2017
    • admin July 8, 2017

Add Comment