Baru Pindah dari Windows ke Mac? Begini cara Transfer File melalui wifi

Transfer File Melalui WIFI

Permasalahan utama saat memutuskan untuk pindah dari Windows ke Mac adalah bagaimana dengan data data lama saya?, dapatkah saya memindahkannya?. Memang, masalah dapat diatasi menggunakan media penyimpanan portable (flash disk, HD eksternal) hanya saja kita akan diribetkan dengan lepas pasang media penympanan tadi. Untuk lepas pasang di port USB windows sih tidak ada masalah, tapi bayangkan jika yang akan dipindah datanya ke iMac, dimana letak port usbnya ada di belakang monitor, yang pasti akan menyulitkan sesi lepas pasang FD/HD eksternal tadi, belum lagi rasa sayang atau eman kalau kalau nanti port usbnya lecet.

Berawal dari hal tersebut saya berfikir untuk bagaimana cara transfer file melalui wifi saja, toh masih sama sama dalam satu jaringan. Dengan transfer file melalui wifi saya dapat memindahkan file file lama saya bahkan tanpa perlu beranjak dari tempat duduk.

Cara Transfer File Melalui Wifi

Syarat utama untuk transfer file antara Windows ke Mac maupun sebaliknya melalui jaringan wifi adalah berada dalam satu jaringan yang sama. Kemudian lakukan setting pada masing masing PC seperti berikut ini:

Setting Sharing File Melalui Wifi Pada Windows

Terlebih dahulu diperlukan Password pada komputer windows, apabila komputer anda belum atau tidak memakai Passwword maka buatlah terlebih dahulu.

  • Caranya masuk ke Control Panel >> User Account and Family Safety >> User Accounts >> Create Password.

langkah berikutnya siapkan Folder yang akan dishare isi di dalamnya sehingga dapat diakses melalui komputer lain di satu jaringan.

  • Tombol Kanan Mouse pada Folder pilih Properties kemudian Tab Sharing, pilih Share
  • Tambahkan hak akses pada file dengan memilih Everyone kemudian di Add
Baca Juga  Begini cara mencari alamat ip pada Mac

Apabila semua sudah dilakukan dengan benar maka kita akan memiliki satu folder yang dapat diakses dari komputer lain. Lakukan hal yang sama untuk membagi/share folder lain.

Setting Sharing File Melalui Wifi Pada Mac

Jika folder sudah di share, Mac akan otomatis mengenali PC yang memiliki shared folder pada jaringan yang sama.

Pilih Connect As pada PC yang di shared, masukkan password PC windows yang telah kita buat diawal tadi. 

  • Name diisi dengan nama komputer windows kita. cara cek pilih saja tombol Start, pada bagian atas akan muncul nama komputer.
  • Password diisi dengan password yang telah dibuat, disinilah kegunaan membuat password, dan pastikan anda tidak lupa dengan passwordnya.

Apabila semua sudah dilakukan dengan benar, maka File yang di shared akan dapat diakses melalui Mac.

 

Dengan transfer file melalui wifi tentunya kita akan semakin dimudahkan, tanpa perlu beranjak dari tempat duduk pun kegiatan salin menyalin file dapat digunakan antar PC.

masih banyak lagi tips dan trik yang akan saya bagikan, stay tune saja di blog ini.

 

bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.